Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Minggu, 06 Februari 2011

( antique wooden comb )
sisir kayu antik china peranakan , handmade karena jaman dulu belom ada pabrik sisir hehe tentu nya dibuat oleh tukang kayu yang ahli bila tidak , mana bisa bikin sisir yang rapat dan tipis begitu


Sisir adalah sebuah alat yang dibuat dari bahan keras, biasanya berbentuk pipih, bergigi, dan digunakan untuk menata rambut, meluruskan dan membersihkannya, atau untuk digunakan untuk serat-serat lainnya.

Sejarah

Sisir adalah salah satu alat yang sudah lama dikenal oleh umat manusia. Benda ini sudah ditemukan dalam bentuknya yang sangat maju di sejumlah pemukiman yang berasal dari sekitar 5000 tahun yang lalu di Persia — kemungkinan pada puncak migrasi besar pertama bangsa Indo-Eropa.

Dapat dikatakan bahwa sisir tidak hanya mempunyai nilai keindahan. Benda ini juga kemungkinan telah digunakan untuk menolong pemakainya memerangi parasit. Malah diketahui bahwa tidak ada peradaban tradisional yang tidak menggunakan sisir, termasuk bangsa-bangsa yang anggotanya memiliki rambut yang sulit diatur.


Fungsi lain

Sisir digunakan pula untuk:

* Menjaga agar rambut yang panjang tidak berantakan.
* Penghias rambut.
* Mempertahankan kippa pada tempatnya.
* Memisahkan serat-serat kapas dari biji dan kotoran lainnya.
* Alat musik.

Sisir moderen

Pada masa sekarang sebagian besar sisir terbuat dari bahan plastik. Sisir kayu biasanya dibuat dari boxwood, kayu ceri, atau kayu pinus lainnya. Sisir kayu yang berkualitas baik biasanya dibuat dengan tangan dan digosok halus.

Sebuah buku tentang merawat rambut yang terbit pada 2001, Curly Girl (pengarang: Lorraine Massey, Deborah Chiel; ISBN 0-7611-2300-8), menganjurkan penggunaan sisir kayu yang bergigi jarang ketimbang sikat rambut dan sisir plastik yang bergigi rapat-rapat. Penulis mencatat bahwa sisir kayu tidak menimbulkan statik dan lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan rambut putus atau kusut.
(archive.kaskus)


anda berminat dengan sisir kayu antik ini ?


275 rb sadja..