Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Kamis, 28 Oktober 2010


Apotik Simpang atau rumah obat " Simpangsche Apotheek " data lain menyebutnya dengan " Nedherlandsche Anneming Herman Smeets Maattschappy " sudah didirikan tahun 1855 dibekas tanah yang dulunya adalah tanah bekas gardu wartel, oleh arsitek Herman Smeets.
Daerah Simpang berada di tengah-tengah kota Surabaya, dulu tahun 1787 disebut dengan Sembang, tahun 1825 disebut nya Kampung Simpang dan pada tahun 1866 sudah ada Simpah Doekoeh.
Pada awal tahun 1930 apotik simpang ini pernah direnovasi, dan seperni yang terlihat sampai sekarang bangunan ini dan seperti bangunan-bangunan yang lain yang ada di kota Surabaya, masih bergaya Art Deco.
Karena gedungnya yang menurut kami sangat luas dan panjang kearah Selatan maka, di gedung ini selain dipakai sebagai apotik juga, dipakai dan masih sampai sekarang adalah untuk toko " Accasion " yaitu toko mobil serta toko alat-alat olah raga "Atal Sport ".
Meski bangunan ini sudah tua, tapi karena tempatnya yang strategis, yaitu persis ditengah-tengah dan diujung jalan maka, gedung ini juga dipakai untuk memasang bebrapa reklame, sehingga menurut kami papan-papan reklame tersebut dapat mengganggu pemandangan gedung kuno yang masih tampak cantik ini. (disadur dari jelajahkuno.blogspot.com)



tempat obat ( salep ) antik bahan porselin ada kode D.R.G.M di bagian belakang

ada 1set , ukuran terkecil 4.5cm 5.5cm dan 8.5cm semua utuh,mulus kecuali tutup yang paling besar ada retakan..



" de simpangsche apotheek " soerabaja



Apotik Simpang

Pertigaan di tengah pusat kota ini adalah “Times Square” nya kota Surabaya. Gedung putih dengan dua menara adalah salah satu ikon dari kota Surabaya yaitu Apotik Simpang. Rumah obat “Simpangsche Apotheek” sudah didirikan pada tahun 1855 di Surabaya tapi baru pada tahun 1918 gedung baru dirancangkan oleh arsitek Herman Smeets di bekas tempat gardu wartel yang dahulu berdiri disini. Pada tahun awal 1930an gedung Apotik Simpang direnovasi dengan memakai gaya Art Deco. Selain Rumah Obat, di gedung ini juga didirikan toko mobil “Occasion” dan toko keperluan olah raga “Atal Sports”. thanks to (choysby.wordpress.com)


tertarik untuk mengkoleksi 1set packaging apotheek ini ?

SOLD-OUT